PERWAKILAN DESA SARIYOSO MENGIKUTI BIMTEK INTEGRASI DATA SE-KABUPATEN WONOSOBO


Selasa, 29 Oktober 2019 Dispermadesdukcapil Propinsi Jawa Tengah mengadakan Bimbingan Teknis Integrasi Data se-Kabupaten Wonosobo di Gedung KORPRI Kabupaten Wonosobo. Kegiatan ini diadakan dengan tajuk sosialisasi program SiDesa (Sistem Informasi Desa) dengan maksud untuk adanya integrasi data yang tersentral sehingga informasi tentang desa bisa terakses dengan mudah melui satu pintu. Kepala Bagian Pemerintahan Sekda Kabupaten Wonosobo Bapak Drs. Tono Prihatono mengatakan bahwa update web desa harus sejalan dengan update status WA, dengan harapan ada informasi yang terus terbangun kepada masyarakat. Tak kurang dari 487 orang akan mengikuti kegiatan tersebut yang terdiri dari admin web desa, anggota KPMD, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa. Bimtek  ini direncanakan untuk dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai 29 – 31 Oktober 2019.

Kegiatan ini terbagi menjadi 2 sesi yang menghadirkan beberapa narasumber yang bersal dari Lintas OPD yang ada di Propinsi maupun Kabupaten. Narasumber yang pertama dari Dispermadesdukcapil Propinsi menjelaskan sekilas tentang dasar dari adanya program siDesa tersebut. Narasumber yang kedua dari Bappeda Provinsi Jawa Tengah membawakan sesi Integrasi Data Desa Guna Mendukung Perencanaan Pembangunan Desa Menuju Kemandirian Desa. Beliau menekankan ketika akan upload data desa perlu diperhatikan data dan regulasinya. Narasumber yang ketiga dari Dinas Provinsi Jawa Tengah menjelaskan tentang Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang menjadi dasar penentuan data kemiskinan. Narasumber ke-4 dari Dinas Perumahan Rakyat dan Permukian Jawa Tengah menjelaskan tentang rumah tidak layak huni beserta penanganannya bagaimana.

Sesi kedua diisi oleh Diskominfo Kabupaten Wonosobo yang menjelaskan tentang bagaimana menulis berita dan upload ke web desa. Dilanjutkan oleh Bagian Pemerintahan Sekda yang menutup sesi kedua. Kegiatan ini juga mengharuskan peserta untuk praktik langsung membuat berita dan mengupload ke web desa masing-masing.


KOMENTAR

Daftar Komentar

Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

  • Korupsi
  • Pungli

Contact Details

Telephone: 082244286493
Email:  sariyoso3307092018@gmail.com
Website: https://sariyoso-wonosobo.wonosobokab.go.id

Sariyoso, 001 /001, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, 56317